Skip to main content

Pembebasan

Suatu ketika saya menolak Adorno, karena idenya tentang emansipasi lewat musik Schoenberg itu terlalu elitis. Siapa bisa paham Schoenberg, kecuali telinga-telinga yang terlatih dan pikiran-pikiran yang telah dijejali teori musik? Bagaimana mungkin teknik dua belas nada yang tak punya "jalan pulang" tersebut dapat membebaskan kelas pekerja dari alienasi? Namun setelah ngobrol-ngobrol dengan Ucok (Homicide/ Grimloc) awal April kemarin, tiba-tiba saya terpantik hal yang justru berkebalikan. Kata Ucok, memang seni itu mestilah "elitis". Lah, apa maksudnya?  Lama-lama aku paham, dan malah setuju dengan Adorno. Pembebasan bukanlah sebentuk ajakan atau himbauan, dari orang yang "terbebaskan" terhadap orang yang "belum terbebaskan" (itulah yang kupahami sebelumnya). Pembebasan bukanlah sebentuk pesan, seperti misalnya musik balada yang menyerukan ajakan untuk demo, meniupkan kesadaran tentang adanya eksploitasi, atau dorongan untuk mengguncang oligarki.

Anti-Barat


Alkisah ada seorang fundamentalis Islam berorasi: Hancurkan Barat! Hancurkan Amerika! Kapitalitas merusak akhlak! McDonald terkutuk! KFC busuk! Yahudi mati!

Lalu berjalanlah ia pulang dari demonstrasi di, bisa di gedung pemerintahan, ataupun kedutaan AS itu. Pulang dengan menggunakan mobil yang di era lampau diciptakan oleh Karl Benz. Ia juga tak luput menyebarkan pamflet kebencian pada AS, yang tanpa ide Johann Gutenberg soal mesin cetak, ia akan kecapean menuliskan pamflet per pamflet yang jumlahnya seribu. Ia pulang, kelaparan, makan di warung nasi goreng. Katanya, "Ini bukan produk Amerika, asal kita jangan makan di McD, boikot McD!" Setelah makan dengan menggunakan sendok yang konon diciptakan di Eropa Utara, ia membayar. Membayar tanpa bertanya darimana nasi goreng tersebut harganya menjadi sekian dan mengapa bukan sekian. Seolah-olah dia percaya, bahwa harga dikendalikan oleh invisible hand-nya Adam Smith.

Sebelum sampai rumah, ia mampir ke warnet, mengakses Facebook. Membuka akunnya yang sedang membuat grup anti-Amerika. Tahukah ia soal Mark Zuckerberg? Yahudi perintis Facebook itu? Mungkin tahu, mungkin juga tidak. Tak luput juga ia membuka blog pribadinya, yang berisi caci makian terhadap Barat, salah satunya soal Valentine sebagai bentuk syirik. Agar terlihat pandai, dipaparkanlah sejarah Valentine, yang mana ia ambil dari Wikipedia (ingat, diciptakan oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger). Ia menyalin sejarah yang, oh sialan, dimetodakan dengan baik oleh Herodotus. Belum lagi, ia jelas-jelas memuja Alexander Graham Bell yang tanpanya, ia tak bisa menelepon teman-temannya sesama akhwan-ikhwat. Sambil terkadang menonton acara Manajemen Qalbu di televisi ciptaan John Logie Baird, ia menunggui anaknya pulang sekolah. Sekolah yang tak akan ada tanpa sistem akademia Platonis. Lalu di akhir hari, ia tidur, mematikan lampu temuan Thomas Alva Edison. Esoknya, ditelpon ia oleh kedutaan AS. Sang fundamentalis diundang makan di hotel Hilton. Silakan katanya, mengemukakan aspirasinya, sambil makan malam. Diterima ia bak raja, dihidanginya pelbagai makanan istimewa dari penjuru dunia. Sang tuan rumah mempersilahkan dengan ramah, "Silakan, ini halal." Di perbincangan, ia melunak, "Allah tidak suka orang yang menolak rizki. Asal halal."

Lalu ia pamit shalat di tengah makan. Ia bingung dimanakah kiblat? Untung ia membawa kompas. Kompas yang dahulu digunakan dengan bangga oleh Columbus dan Magelhan untuk mengolonialisasi. Sehingga wajah dunia menjadi seperti sekarang ini.

Akhir cerita, karena ia berada di Indonesia, maka bersujudlah ia, ke arah Barat.

Comments

  1. suka bgt ma Invisible hand Adam Smith (bpk gw tuh...,hihihi..:)..Timur melengkapai Barat dan barat melengkapi timur,org barat suka dg alam timur dan org timur suka music barat...,perpaduan yg melengkapi,terkadang saling membutuhkan tp terkadang tak sadar akan itu..

    ReplyDelete
  2. @hapsari: merci.. :)
    @Mba Liely: Iya mbak, tapi lebih tepatnya, barat sekarang lagi banyak lagi belajar soal timur. Sedangkan timur, yang sejak dulu sedang canggih, malah menurut saya mundur dengan belajar soal barat. Nanti akan saya bahas di tulisan. Ini menarik. :)

    ReplyDelete
  3. waduh om ini bagus..salut
    yg kaya gini nih, munafik..kah? :p

    ReplyDelete
  4. Bener pa, keren! Barat timur kaya laki-laki sama perempuan, logika sama hati.
    Rian Septiandi 112500274 hahaha

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Metafisika

Entah benar atau tidak, tapi boleh kita percaya agar pembahasan ini menjadi menyenangkan: Istilah metafisika terjadi oleh sebab sesuatu yang tidak sengaja. Ketika Aristoteles sedang menyusun buku-bukunya di rak, asistennya meletakkan buku yang berisi tentang segala sesuatu yang di luar kenyataan seperti prinsip pertama dan pengertian tentang ada (being qua being) setelah buku bertitel 'Fisika'. Atas ketidaksengajaan itulah, buku tersebut dinamai 'Metafisika'. 'Metafisika' berarti sesudah 'Fisika', yang memang secara harfiah betul-betul buku yang ditempatkan setelah buku 'Fisika' di rak Aristoteles. Istilah tersebut jadi terus menerus dipakai untuk menyebut segala sesuatu tentang yang di luar atau di belakang dunia fisik. Agak sulit untuk menjelaskan secara presisi tentang apa itu metafisika (tentu saja metafisika dalam arti istilah yang berkembang melampaui rak buku Aristoteles), maka itu alangkah baiknya kita simak beberapa contoh upaya untuk me

Tentang Live Instagram Dua Belas Jam

  Hari Minggu, 24 Juli kemarin, saya live Instagram hampir dua belas jam. Untuk apa? Pertama, mengumpulkan donasi untuk Kelas Isolasi yang kelihatannya tidak bisa lagi menggunakan cara-cara yang biasa-biasa (karena hasilnya selalu kurang memadai). Kedua, iseng saja: ingin tahu, selama ini saya belajar dan mengajar filsafat itu sudah “sampai mana” jika diukur dengan menggunakan jam. Putusan untuk mengudara dua belas jam tersebut tidak melalui persiapan matang, melainkan muncul begitu saja dari dua hari sebelumnya. Oh iya, materi yang saya bawakan adalah berkenaan dengan sejarah filsafat Barat. Keputusan tersebut membuat saya agak menyesal karena mesti menghabiskan hari Jumat dan Sabtu untuk baca-baca secara intens. Seperti yang sudah saya duga, belajar filsafat memang aneh: semakin dibaca, semakin menganga lubang-lubangnya. Awalnya, saya berniat untuk khusus membaca bagian Abad Pertengahan saja karena merasa pengetahuan saya paling lemah di bagian itu. Setelah lumayan membaca tipis-tip

Kelas Logika: Kerancuan Berpikir (Informal)

 Dalam keseharian kita, sering didapati sejumlah pernyataan yang seolah-olah benar, padahal rancu dan sesat. Kerancuan dan kesesatan tersebut disebabkan oleh macam-macam faktor, misalnya: penarikan kesimpulan yang terburu-buru, penggunaan kata yang bermakna ganda, penekanan kalimat yang tidak pada tempatnya, pengaruh orang banyak yang menyepakati sebuah pernyataan sebagai benar, dan lain sebagainya.    Dalam ranah ilmu logika, kerancuan dan kesesatan diistilahkan dengan fallacy (jamak: fallacies ). Fallacy ini amat banyak ragamnya, dan di tulisan ini akan disebutkan fallacy yang sifatnya informal. Formal fallacies adalah kerancuan yang dihasilkan dari kesalahan dalam aturan silogisme, penalaran, dan pengambilan keputusan. Sedangkan informal fallacies (atau disebut juga material fallacies ) adalah kerancuan yang dihasilkan dari kekeliruan memahami konsep-konsep yang lebih mendasar seperti terma, definisi, dan pembentukan premis itu sendiri.  1. Kerancuan dalam Berbahasa  1