Skip to main content

Psychologismus-Streit dan Asal-Usul Perpecahan Aliran Kontinental dan Analitik dalam Filsafat

  Di akhir abad ke-19, diawali dari usaha pemisahan psikologi dari filsafat, muncul istilah Psychologismus-Streit atau "perselisihan psikologisme". Apa itu psikologisme? Psikologisme adalah pandangan bahwa segala konsep/ gagasan dalam filsafat (batasan pengetahuan, sistem logika, dan lain-lain) dapat ditarik penjelasannya pada pengalaman mental atau proses psikologis (Vrahimis, 2013: 9). Posisi psikologi yang kian mantap dengan penelitian empiriknya membuat filsafat mesti mendefinisikan kembali tugas dan posisinya: jika segala problem filsafat bisa direduksi pada aspek mental, masih adakah sesuatu yang disebut sebagai filsafat "murni"?  Menariknya, perselisihan ini tidak hanya di ranah perdebatan intelektual, tapi juga terbawa-bawa hingga ke ranah politik. Pada tahun 1913, 107 filsuf, beberapa diantaranya adalah Edmund Husserl, Paul Natorp, Heinrich Rickert, Wilhelm Windelband, Alois Riehl, dan Rudolf Eucken menandatangani petisi yang menuntut menteri kebudayaan Jer

Menjelang Terbitnya Demotivasi 2

Kumpulan Kalimat Demotivasi 2: Panduan Hidup Bahagia untuk Medioker

 

Sudah lama saya bercita-cita menulis Demotivasi jilid dua, tetapi baru benar-benar menuliskannya pada akhir Juni 2021, tepatnya di masa-masa terkena virus Covid. Waktu itu, suasananya memang mendukung: saya tidak punya banyak opsi dalam berkegiatan dan memang kondisi terkena Covid membuat suasana hidup terasa lebih muram mood yang cocok untuk menulis sesuatu yang demotivasional. Entah kenapa, Demotivasi 2 ini rasanya lebih serius dan juga kelam. Mungkin dalam rentang waktu antara Demotivasi 1 dan Demotivasi 2 saya ada waktu memikirkan ulang tentang ide tersebut dan terinspirasi dari beberapa diskusi tentang demotivasi itu sendiri. 

Awalnya demotivasi ditulis untuk senang-senang saja. Isinya tidak terlalu diatur harus bagaimana dan yang penting berisi olok-olok terhadap motivator beserta kata-kata motivasionalnya. Namun pada Demotivasi 2 ini, saya memikirkan beberapa hal, misalnya soal paradigma motivasional yang terikat dengan prinsip-prinsip liberal - kapitalistik, asal-usul pemikiran motivasional dari buku William Wattles berjudul The Science of Getting Rich, demotivasi sebagai sebuah permainan bahasa, dan beberapa lainnya. Unsur jenaka tentu tetap dipertahankan, misalnya dengan adanya doa demotivasi lengkap dengan terjemahan Arab-nya agar terkesan relijius dan ilustrasi yang dibuat oleh Mufti "Amenk" Priyanka yang gambar-gambarnya terkenal agak "anti art."

Di tengah proses penulisan, Gema Ganeswara menawarkan diri untuk menyumbangkan foto-foto miliknya agar bisa dimuat di buku. Tentu ini menyenangkan sekali! Saya memang berharap buku ini juga diwarnai oleh ide-ide lain. Akhirnya diputuskan bahwa sepuluh foto kiriman Gema akan ditempelkan kata-kata demotivasional. O iya, terjemahan doa demotivasi ke bahasa Arab dilakukan oleh Akbar Rafsanjani, pegiat film asal Aceh yang saya kenal lewat Kelas Isolasi. Ternyata tidak salah mengajak Akbar, bahasa Arabnya sangat baik dan ia menggarap proyek ini dengan sangat serius, sampai-sampai meminta temannya yang ada di Saudi untuk melakukan proofreading

Untuk kata pengantar, jika pada Demotivasi 1 dituliskan oleh Romo A. Setyo Wibowo, maka di kesempatan kali ini saya meminta tolong Mbak Saras Dewi. Sama seperti di jilid pertama, edisi kedua ini juga diterbitkan oleh penerbit Buruan and Co. Kapan kira-kira buku ini terbit? Saat saya sedang menulis ini, naskah sedang ada dalam proses finalisasi oleh editor. Jika proses tersebut telah rampung, maka langkah selanjutnya tinggal melakukan layout dan ini memerlukan waktu sekitar seminggu. Jadi, jika semua berjalan lancar, maka diproyeksikan Demotivasi 2 naik cetak antara tanggal 17 - 20 Agustus 2021. 

Kalau ditanya mengapa saya tertarik dengan proyek demotivasi, sejujurnya saya tidak bisa menjawabnya secara memuaskan. Semua tercetus begitu saja. Namun jika ingin digali lagi, mungkin saya bisa menjawab begini: ada masa-masa saya menjadi orang yang sangat motivasional, tetapi suatu rentetan kejadian buruk sejak akhir 2017 hingga tahun 2020 membuat saya terpuruk dan merasa bahwa hidup yang motivasional sama sekali tidak ada artinya. Dipicu dari berbagai keputusasaan tersebut, saya menulis tentang demotivasi dan rupanya membuahkan perasaan yang menyenangkan.

Comments

Popular posts from this blog

Tentang Live Instagram Dua Belas Jam

  Hari Minggu, 24 Juli kemarin, saya live Instagram hampir dua belas jam. Untuk apa? Pertama, mengumpulkan donasi untuk Kelas Isolasi yang kelihatannya tidak bisa lagi menggunakan cara-cara yang biasa-biasa (karena hasilnya selalu kurang memadai). Kedua, iseng saja: ingin tahu, selama ini saya belajar dan mengajar filsafat itu sudah “sampai mana” jika diukur dengan menggunakan jam. Putusan untuk mengudara dua belas jam tersebut tidak melalui persiapan matang, melainkan muncul begitu saja dari dua hari sebelumnya. Oh iya, materi yang saya bawakan adalah berkenaan dengan sejarah filsafat Barat. Keputusan tersebut membuat saya agak menyesal karena mesti menghabiskan hari Jumat dan Sabtu untuk baca-baca secara intens. Seperti yang sudah saya duga, belajar filsafat memang aneh: semakin dibaca, semakin menganga lubang-lubangnya. Awalnya, saya berniat untuk khusus membaca bagian Abad Pertengahan saja karena merasa pengetahuan saya paling lemah di bagian itu. Setelah lumayan membaca tipis-tip

Metafisika

Entah benar atau tidak, tapi boleh kita percaya agar pembahasan ini menjadi menyenangkan: Istilah metafisika terjadi oleh sebab sesuatu yang tidak sengaja. Ketika Aristoteles sedang menyusun buku-bukunya di rak, asistennya meletakkan buku yang berisi tentang segala sesuatu yang di luar kenyataan seperti prinsip pertama dan pengertian tentang ada (being qua being) setelah buku bertitel 'Fisika'. Atas ketidaksengajaan itulah, buku tersebut dinamai 'Metafisika'. 'Metafisika' berarti sesudah 'Fisika', yang memang secara harfiah betul-betul buku yang ditempatkan setelah buku 'Fisika' di rak Aristoteles. Istilah tersebut jadi terus menerus dipakai untuk menyebut segala sesuatu tentang yang di luar atau di belakang dunia fisik. Agak sulit untuk menjelaskan secara presisi tentang apa itu metafisika (tentu saja metafisika dalam arti istilah yang berkembang melampaui rak buku Aristoteles), maka itu alangkah baiknya kita simak beberapa contoh upaya untuk me

Kelas Logika: Kerancuan Berpikir (Informal)

 Dalam keseharian kita, sering didapati sejumlah pernyataan yang seolah-olah benar, padahal rancu dan sesat. Kerancuan dan kesesatan tersebut disebabkan oleh macam-macam faktor, misalnya: penarikan kesimpulan yang terburu-buru, penggunaan kata yang bermakna ganda, penekanan kalimat yang tidak pada tempatnya, pengaruh orang banyak yang menyepakati sebuah pernyataan sebagai benar, dan lain sebagainya.    Dalam ranah ilmu logika, kerancuan dan kesesatan diistilahkan dengan fallacy (jamak: fallacies ). Fallacy ini amat banyak ragamnya, dan di tulisan ini akan disebutkan fallacy yang sifatnya informal. Formal fallacies adalah kerancuan yang dihasilkan dari kesalahan dalam aturan silogisme, penalaran, dan pengambilan keputusan. Sedangkan informal fallacies (atau disebut juga material fallacies ) adalah kerancuan yang dihasilkan dari kekeliruan memahami konsep-konsep yang lebih mendasar seperti terma, definisi, dan pembentukan premis itu sendiri.  1. Kerancuan dalam Berbahasa  1