Skip to main content

Tentang Kaum Intelektual dalam Pandangan Gramsci

  (Artikel diturunkan dari Bandung Bergerak) Nama Antonio Gramsci bukanlah nama yang terlalu asing dalam dunia pemikiran di Indonesia. Pandangannya tentang hegemoni kultural banyak digunakan untuk membaca beraneka pengaruh budaya yang ditanamkan oleh kelas yang lebih berkuasa ( ruling class ) sehingga diterima seolah-olah sebagai norma umum atau bahkan sesuatu yang “kodrati”.  Gramsci menulis sekitar tiga ribu halaman dalam kumpulan esai yang dijuduli Quaderni del carcere atau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi The Prison Notebooks . Gramsci memang menulis dari balik jeruji penjara. Sejak bulan November 1926 hingga meninggalnya tahun 1937, Gramsci berstatus sebagai tahanan politik akibat dikenal keras mengritik rezim fasisme Musollini. Gramsci, yang lahir tahun 1891 di Sardinia, Itali, meninggal dalam usia 46 tahun di Roma akibat kesehatannya yang terus merosot sejak ditahan.  Dalam The Prison Notebooks tersebut, ada sejumlah problem yang dituliskan oleh Gramsci, salah sat

Guriang di Cijaringao

Pada hari Rabu malam tanggal 19 Juli 2018, Kang Ismet Ruchimat, sang pendiri kelompok musik Sambasunda, mengontak saya tepat pukul sembilan. Sambil mengajar kelas filsafat ilmu di Kaka Cafe, saya mengangkatnya dengan terlebih dahulu meminta maaf pada peserta kelas. “Rif,” kata Kang Ismet di seberang telepon, “Ke sini, sekarang juga. Ke Saung Angklung Udjo. Ada hal penting.” Jika Kang Ismet mengatakan itu penting, maka itu benar-benar penting. Saya bergegas menyelesaikan kelas dan meminta maaf untuk kedua kalinya pada para peserta. Tepat pukul sepuluh, saya sampai di Padasuka, tempat Saung Angklung Udjo yang legendaris itu. 

Di sebuah meja, telah duduk beberapa orang yaitu Kang Ismet Ruchimat, Kang Galih Sedayu dari Ruang Kolaborassa, Kang Taufik Hidayat dari Saung Angklung Udjo, Kang Adjie Dunston Iriana, dan beberapa staf Kang Galih maupun Kang Taufik. Inti pembicaraannya adalah ini: Bahwa festival musik internasional bernama Matasora World Music Festival, terancam gagal penyelenggaraannya oleh sebab seorang produser yang kurang bertanggungjawab, sehingga kita adalah orang yang harus tetap membereskannya demi reputasi kegiatan itu sendiri, dan demi dipertahannya Matasora di mata anggaran Kementerian Pariwisata. 

Suasana rapat. Foto oleh Adjie Dunston Iriana.

Pertanyaanku sederhana: Kapan acaranya? Kang Ismet menjawab dengan getir: “Lusa!” Kepala saya langsung berputar. Iya, Matasora World Music Festival akan diselenggarakan seyogianya pada tanggal 21 dan 22 Juli 2018. Tapi apa yang terjadi? Hingga H-3, belum ada satupun hal yang disiapkan. Kalaupun kami mengiyakan, acara ini harus dimulai dari nol dan itu berarti kerja yang tidak hanya keras, tapi nyaris mustahil! Kami menyebut ini seperti kerja Sangkuriang yang harus membuat perahu besar dalam semalam. Tapi Kang Taufik mencoba menenangkan. Katanya, “Jangan samakan kerja kita dengan Sangkuriang. Sangkuriang gagal. Ia tidak selesai. Tapi kita harus selesai, dan kita diberi waktu lebih panjang dari Sangkuriang.” 

Namun kami tidak berlama-lama meratapi keadaan ini. Keesokan paginya, Kang Ismet dan saya langsung berkoordinasi tentang siapa pengisi acara yang akan tampil di Matasora World Music Festival. Sambasunda, Patrick Shaw Iversen, Malire, Ethno-Progressive, Doel Sumbang, Mangule Project, Babenjo, Trio BiGiBas, Mary Jane (mewakili Ruang Putih), West Java Syndicate (mewakili Jazzuality), dan Mirna (mewakili KlabJazz) bersedia untuk tampil di acara yang akhirnya kami putuskan untuk dilangsungkan di tanggal 22 Juli saja (tidak jadi dua hari). 

Kang Galih, di sisi lain, secara sigap sudah langsung menghubungi vendor untuk sound system, panggung, dan tata cahaya. Oh iya, kegiatan tanggal 22 Juli itu akan berlangsung di Cijaringao Hejo Udjo, Kabupaten Bandung, yang jaraknya sekitar dua kilometer dari Saung Angklung Udjo. Tempat tersebut merupakan tempat yang asri, dipenuhi pohon bambu, dan nyaris tidak ada jarak dengan warga sekitar. Namun itu juga artinya, para panitia harus punya cukup waktu untuk berkoordinasi dengan warga lokal agar kegiatan dengan kekuatan tata suara sepuluh ribu watt nanti, menjadi tidak mengganggu dan bahkan bisa dinikmati bersama. Untungnya, Kang Galih bersama timnya, juga cukup sigap menangani hal tersebut. 

West Java Syndicate. Foto oleh Mia Sjahir.
Selain itu, kami juga tetap menyelenggarakan pertemuan teknis (technical meeting) dengan seluruh pengisi acara. Kegiatan pertemuan tersebut langsung dilakukan di Cijaringao Hejo Udjo dengan harapan pengisi acara dapat mengenal lokasi kegiatan yang notabene belum terlalu dikenal dan mempunyai medan yang relatif cukup terjal (karena jalan yang relatif sempit dan beberapa diantaranya masih berbatu). Dalam pertemuan teknis tersebut dijelaskan panjang lebar tentang mengapa acara ini dilangsungkan dengan mendadak (meski tidak diceritakan detail) dan meminta agar para pengisi acara saling bekerjasama mensukseskan kegiatan ini. 

Hari H acara, tampaknya semua sudah siap. Secara mendadak (lagi-lagi), Kang Galih menghubungi seniman Rosyid untuk mendekorasi secara spontan panggung dan sekitarnya. Upaya itu berhasil, panggung menjadi tampak lebih artistik di tangan seniman yang sehari-hari berkarya di Cigadung tersebut. Kemudian sekitar pukul dua, acara dimulai dengan secara simbolik membunyikan angklung bersama dengan pihak panitia, para penonton, perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan perwakilan dari Kementerian Pariwisata. 

Cijaringao Hejo Udjo memang tempat yang menarik. Area panggungnya luas dan yang menarik, tata ruangnya berbentuk amphiteater yang undaknya terbuat dari tanah dan rumput yang dibentuk secara alamiah. Untuk mencapai tempat yang dikelola salah satunya oleh Saung Angklung Udjo itu memang tidak mudah. Namun siapapun yang berhasil menjangkaunya, tidak akan menyesal dengan tempat yang asri ini. Kemudian berturut-turut pengisi acara naik panggung selama masing-masing tiga puluh menit (kecuali Sambasunda di akhir yang mencapai hampir satu jam). Penampilan seluruh pengisi acara ini tergolong lancar kecuali Trio BiGiBas yang tertunda sedikit karena hujan. Di tengah-tengah kegiatan juga terdapat talkshow bersama Dewan Kesenian Kota Bandung yang diwakili oleh Rahmat Jabaril dan Djaelani. 

Acara ditutup dengan gembira karena hampir seluruh penonton berjoged bersama Sambasunda dan Rita Tila, sang penyanyi, yang menjadi provokator bagi keriuhan ini. Seperti biasa, lagu Bangbung Hideung tidak pernah gagal dalam melarutkan penonton untuk menari bersama. Di tengah-tengah, Patrick Shaw Iversen, pemain flute asal Norwegia, turut bergabung bersama Sambasunda untuk lebih menghidupkan suasana.

Keriuhan selesai, kami semua termangu tak percaya. Tiga hari menyiapkan acara, rupanya berhasil juga. Apakah acara itu bagus atau jelek, tentu saja relatif. Tapi yang pasti, kami menyelesaikannya. Kami langsung teringat cerita Sangkuriang. Ketika ia diberi persyaratan untuk membuat perahu besar dalam semalam oleh Dayang Sumbi, Sangkuriang meminta bantuan para guriang (makhluk halus) untuk membantu pekerjaannya. Perahu sudah hampir selesai sebelum Dayang Sumbi berhasil mengakali seolah-olah fajar merekah di ufuk timur dan itu berarti tugas Sangkuriang gagal. Kemarin kami merasa dibantu oleh para guriang di Cijaringao. Mereka hadir, sampai selesai.

Mary Jane. Foto oleh Mia Sjahir.

Comments

Popular posts from this blog

Kelas Logika: Kerancuan Berpikir (Informal)

 Dalam keseharian kita, sering didapati sejumlah pernyataan yang seolah-olah benar, padahal rancu dan sesat. Kerancuan dan kesesatan tersebut disebabkan oleh macam-macam faktor, misalnya: penarikan kesimpulan yang terburu-buru, penggunaan kata yang bermakna ganda, penekanan kalimat yang tidak pada tempatnya, pengaruh orang banyak yang menyepakati sebuah pernyataan sebagai benar, dan lain sebagainya.    Dalam ranah ilmu logika, kerancuan dan kesesatan diistilahkan dengan fallacy (jamak: fallacies ). Fallacy ini amat banyak ragamnya, dan di tulisan ini akan disebutkan fallacy yang sifatnya informal. Formal fallacies adalah kerancuan yang dihasilkan dari kesalahan dalam aturan silogisme, penalaran, dan pengambilan keputusan. Sedangkan informal fallacies (atau disebut juga material fallacies ) adalah kerancuan yang dihasilkan dari kekeliruan memahami konsep-konsep yang lebih mendasar seperti terma, definisi, dan pembentukan premis itu sendiri.  1. Kerancuan dalam Berbahasa  1

Puisi Penjudi

  Sejak SD kutahu berjudi itu dilarang Dari Qur'an sudah jelas judi dibilang haram Orang bijak bilang tiada manusia kaya karena judi Rhoma Irama menegaskan judi merusak pikiran Tapi tidakkah Tuhan jua yang menciptakan ketidakpastian? Tidakkah Tuhan jua yang memaksa kita mengundi? Tidakkah Adam turun ke dunia karena ia main judi? Buah khuldi: jauhi atau makan Ia putuskan yang nomor dua Lantas ia turun ke bumi, melahirkan kita-kita ini Keturunan seorang penjudi Lalu jikalau memang iya tak ada yang kaya karena judi Maka tanyakan pada pemilik motor Tiger itu Yang ia menangkan ketika jadi bandar empat tahun lalu Sekarang motornya sirna, rusak hancur dalam suatu petaka Ia kembali naik angkot seperti nasibnya sebelum pesta sepakbola Para tetua bilang, "Lihat, hasil judi, dari tanah akan kembali ke tanah" Tapi si pemuda mesem-mesem dalam hati Ada keyakinan yang ia pendam dalam-dalam Bahwa setidaknya dalam suatu percik hidupnya Ia pernah naik motor Tiger Pernah merasakan gelegak k

Gin

GIN Gingin Gumilang pernah menjadi mahasiswa di kelas waktu saya masih mengajar di Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Padjadjaran. Saya lupa tahun berapa itu, mungkin sekitar tahun 2010 atau 2011. Gin, begitu dipanggilnya, duduk di pojokan, orangnya pendiam, tetapi saya tahu di kepalanya menyimpan banyak pemikiran. Suatu hari, saya mengumumkan di kelas bahwa akan ada konser gitar klasik di IFI Bandung dan tentu saja, saya hanya berbasa-basi saja, tidak berharap kalau mereka, yang umumnya kost di Jatinangor, akan datang ke Bandung hanya untuk menonton gitar klasik. Ternyata ada satu orang yang datang ke IFI, ya Gin itulah. Sejak itu saya terkesan. Rupanya wawasannya juga luas. Saya ingat ia tiba-tiba membicarakan Freud di kelas, di tengah mahasiswa-mahasiswa yang yah, duduk di sana hanya berharap bisa lulus saja, tanpa peduli ilmu apa yang didapat. Saya kemudian terpikir, rasanya tepat kalau Gin diajak bergaul lebih luas, keluar dari "sangkar" yang membuat