Skip to main content

Psychologismus-Streit dan Asal-Usul Perpecahan Aliran Kontinental dan Analitik dalam Filsafat

  Di akhir abad ke-19, diawali dari usaha pemisahan psikologi dari filsafat, muncul istilah Psychologismus-Streit atau "perselisihan psikologisme". Apa itu psikologisme? Psikologisme adalah pandangan bahwa segala konsep/ gagasan dalam filsafat (batasan pengetahuan, sistem logika, dan lain-lain) dapat ditarik penjelasannya pada pengalaman mental atau proses psikologis (Vrahimis, 2013: 9). Posisi psikologi yang kian mantap dengan penelitian empiriknya membuat filsafat mesti mendefinisikan kembali tugas dan posisinya: jika segala problem filsafat bisa direduksi pada aspek mental, masih adakah sesuatu yang disebut sebagai filsafat "murni"?  Menariknya, perselisihan ini tidak hanya di ranah perdebatan intelektual, tapi juga terbawa-bawa hingga ke ranah politik. Pada tahun 1913, 107 filsuf, beberapa diantaranya adalah Edmund Husserl, Paul Natorp, Heinrich Rickert, Wilhelm Windelband, Alois Riehl, dan Rudolf Eucken menandatangani petisi yang menuntut menteri kebudayaan Jer

Mengkreasi - Dikreasi



Pendapat bahwa yang membuat sesuatu adalah sekaligus pengendalinya adalah hal yang bagi saya sudah usang. Pembuat memang serba mengetahui seluk beluk tentang apa yang dibuatnya hingga sampai tahap menjadinya, tetapi ia bisa jadi tidak mampu mengantisipasi apa-apa yang terjadi sesudahnya atau katakanlah, pada tahap pasca-eksistensinya. 

Bersama teman-teman pada sekitar tahun 2004, kami pernah menginisiasi komunitas musik klasik bernama KlabKlassik. Iya kami membuat rencana tentang mesti seperti apa KlabKlassik ke depannya, tetapi hal yang lebih sering terjadi adalah sebaliknya: rencana kami disetir oleh "makhluk" yang kami ciptakan sendiri. KlabKlassik mungkin pernah berkembang dalam arti tertentu, tetapi hal yang kerap terjadi adalah kami yang dibuat berkembang oleh KlabKlassik. Kami belajar dari apa yang kami inisiasi sendiri. 

Belakangan hal yang sama terjadi saat kami membentuk Kelas Isolasi pada tahun 2020. Saya tidak tahu akan seperti apa Kelas Isolasi ke depannya dan waktu itu Nino dan saya tidak punya bayangan yang terlalu jauh tentang masa depan kami. Bahkan saat kami mengkreasi "makhluk" ini, kami hanya bermodalkan keberanian saja plus pengetahuan filsafat yang bisa dikatakan pas-pasan. Namun seiring berjalannya waktu, Kelas Isolasi ternyata tidak bubar-bubar dan malah dapat dikatakan terus berkembang: kami menjadi dipaksa olehnya untuk memperdalam filsafat secara lebih intens. Ini bukan perumpaan yang dibuat-buat, tapi benar bahwa kami menjadi dikendalikan oleh Kelas Isolasi. Hidup kami dikendalikan oleh Kelas Isolasi. 

Sekarang saya paham kenapa pernyataan bahwa teknologi itu tergantung dari orang yang menggunakannya adalah pernyataan yang sudah tidak laku. Pernyataan antroposentris tersebut mengandaikan bahwa segala-galanya selalu dalam pengaruh pikiran dan kesadaran kita. Seolah-olah pikiran dan kesadaran ini mampu mengontrol dan memprediksi apapun. Dalam arti tertentu boleh saja kita optimis akan kemampuan daya pikir kita sendiri, tetapi kenyataannya tidak pernah sesederhana itu. Saya memiliki ponsel, tapi sekaligus ponsel itu memiliki saya; saya membuat kurikulum untuk mengajar di kelas, tetapi kurikulum itu kemudian yang menata jadwal dan kegiatan saya; saya menciptakan teknologi untuk menyelesaikan masalah lingkungan, tapi teknologi itu membuat masalah lain yang tidak sempat saya pikirkan. Pada pokoknya, saya bisa menghasilkan banyak hal sebagai produk dari pikiran saya, tapi produk tersebut kemudian yang "memproduksi saya". 

Dengan demikian, dalam arti motivasional (juga sekaligus demotivasional), proses kreasi bukanlah proses yang dalam sendirinya sudah final. Kita selalu menciptakan embrio yang pertumbuhannya selalu punya dua sisi: sisi yang bisa kita antisipasi dan sisi yang tidak bisa kita antisipasi. Entah pada akhirnya dia akan mati bahkan sebelum menjadi dewasa, jangan lupa, ia setidaknya pernah membuat kita berpikir tentangnya, ia pernah mengajari kita sesuatu tentang kematian yang terlalu cepat. 

Saya kira begitulah Tuhan saat mengkreasi. Ia punya sisi tahu dan sisi tidak tahu. Tapi Ia tahu sesuatu yang pasti: bahwa Ia mencipta dalam rangka untuk terus menjadi. Bahwa lewat ciptaan-Nya Ia sedang bertumbuh bersama ciptaan-Nya, supaya Ia sendiri bisa terus relevan bersama peradaban.

Comments

Popular posts from this blog

Tentang Live Instagram Dua Belas Jam

  Hari Minggu, 24 Juli kemarin, saya live Instagram hampir dua belas jam. Untuk apa? Pertama, mengumpulkan donasi untuk Kelas Isolasi yang kelihatannya tidak bisa lagi menggunakan cara-cara yang biasa-biasa (karena hasilnya selalu kurang memadai). Kedua, iseng saja: ingin tahu, selama ini saya belajar dan mengajar filsafat itu sudah “sampai mana” jika diukur dengan menggunakan jam. Putusan untuk mengudara dua belas jam tersebut tidak melalui persiapan matang, melainkan muncul begitu saja dari dua hari sebelumnya. Oh iya, materi yang saya bawakan adalah berkenaan dengan sejarah filsafat Barat. Keputusan tersebut membuat saya agak menyesal karena mesti menghabiskan hari Jumat dan Sabtu untuk baca-baca secara intens. Seperti yang sudah saya duga, belajar filsafat memang aneh: semakin dibaca, semakin menganga lubang-lubangnya. Awalnya, saya berniat untuk khusus membaca bagian Abad Pertengahan saja karena merasa pengetahuan saya paling lemah di bagian itu. Setelah lumayan membaca tipis-tip

Metafisika

Entah benar atau tidak, tapi boleh kita percaya agar pembahasan ini menjadi menyenangkan: Istilah metafisika terjadi oleh sebab sesuatu yang tidak sengaja. Ketika Aristoteles sedang menyusun buku-bukunya di rak, asistennya meletakkan buku yang berisi tentang segala sesuatu yang di luar kenyataan seperti prinsip pertama dan pengertian tentang ada (being qua being) setelah buku bertitel 'Fisika'. Atas ketidaksengajaan itulah, buku tersebut dinamai 'Metafisika'. 'Metafisika' berarti sesudah 'Fisika', yang memang secara harfiah betul-betul buku yang ditempatkan setelah buku 'Fisika' di rak Aristoteles. Istilah tersebut jadi terus menerus dipakai untuk menyebut segala sesuatu tentang yang di luar atau di belakang dunia fisik. Agak sulit untuk menjelaskan secara presisi tentang apa itu metafisika (tentu saja metafisika dalam arti istilah yang berkembang melampaui rak buku Aristoteles), maka itu alangkah baiknya kita simak beberapa contoh upaya untuk me

Kelas Logika: Kerancuan Berpikir (Informal)

 Dalam keseharian kita, sering didapati sejumlah pernyataan yang seolah-olah benar, padahal rancu dan sesat. Kerancuan dan kesesatan tersebut disebabkan oleh macam-macam faktor, misalnya: penarikan kesimpulan yang terburu-buru, penggunaan kata yang bermakna ganda, penekanan kalimat yang tidak pada tempatnya, pengaruh orang banyak yang menyepakati sebuah pernyataan sebagai benar, dan lain sebagainya.    Dalam ranah ilmu logika, kerancuan dan kesesatan diistilahkan dengan fallacy (jamak: fallacies ). Fallacy ini amat banyak ragamnya, dan di tulisan ini akan disebutkan fallacy yang sifatnya informal. Formal fallacies adalah kerancuan yang dihasilkan dari kesalahan dalam aturan silogisme, penalaran, dan pengambilan keputusan. Sedangkan informal fallacies (atau disebut juga material fallacies ) adalah kerancuan yang dihasilkan dari kekeliruan memahami konsep-konsep yang lebih mendasar seperti terma, definisi, dan pembentukan premis itu sendiri.  1. Kerancuan dalam Berbahasa  1