Skip to main content

Psychologismus-Streit dan Asal-Usul Perpecahan Aliran Kontinental dan Analitik dalam Filsafat

  Di akhir abad ke-19, diawali dari usaha pemisahan psikologi dari filsafat, muncul istilah Psychologismus-Streit atau "perselisihan psikologisme". Apa itu psikologisme? Psikologisme adalah pandangan bahwa segala konsep/ gagasan dalam filsafat (batasan pengetahuan, sistem logika, dan lain-lain) dapat ditarik penjelasannya pada pengalaman mental atau proses psikologis (Vrahimis, 2013: 9). Posisi psikologi yang kian mantap dengan penelitian empiriknya membuat filsafat mesti mendefinisikan kembali tugas dan posisinya: jika segala problem filsafat bisa direduksi pada aspek mental, masih adakah sesuatu yang disebut sebagai filsafat "murni"?  Menariknya, perselisihan ini tidak hanya di ranah perdebatan intelektual, tapi juga terbawa-bawa hingga ke ranah politik. Pada tahun 1913, 107 filsuf, beberapa diantaranya adalah Edmund Husserl, Paul Natorp, Heinrich Rickert, Wilhelm Windelband, Alois Riehl, dan Rudolf Eucken menandatangani petisi yang menuntut menteri kebudayaan Jer

Kegalauan Posmodernisme

Tulisan ini adalah olahan hasil diskusi di forum Indonesian Atheists (IA) 

12 September - 22 September 2012

Catatan: Kata-kata bisa jadi tidak mirip dengan yang tertulis di komentar sebenarnya. Tapi hanya diubah untuk kepentingan estetika penulisan. Semoga tidak berubah esensinya.


Fuck postmodern art!

Seni yang diwacanakan oleh posmodernisme memang "menyebalkan" dan meresahkan sebagaimana diskursus yang dihasilkan oleh posmodernisme itu sendiri. Kita bisa menunjuk mula-mula seni mengalami perubahan acuan adalah sejak Marcel Duchamp membuat karya agungnya yang berjudul Fountain. Karya itu adalah kloset sebagaimana adanya dan disimpan begitu saja di galeri (ditandatangani tentu saja). Meski awalnya ditolak sebagai karya seni, namun pada akhirnya terbuka juga wacana: Apakah keindahan itu ada pada dirinya sendiri, atau dikonstruksi? Apakah keindahan itu ada pada karyanya, atau dalam kepala kita? Pada titik ini, kerangka seni juga bergeser dari sekadar urusan teknis, ke juga urusan konseptual. Misalnya, John Cage menghasilkan karya 4'33'' yang hanya diam di depan piano tanpa memainkannya senot pun.. Ini jelas tidak punya nilai secara teknis: "Saya bisa, siapapun bisa!"

Bagaimana dengan seni masa kini yang estetikanya tidak ada di tataran keindahan yang sifatnya menyenangkan? Yang indah ternyata bisa jadi yang membuat mual dan jijik!

Salah satu ekses "negatif" dari posmodernisme adalah runtuhnya narasi besar. Masyarakat modern percaya bahwa ada Kebenaran yang sifatnya mutlak (dengan K besar). Hal yang demikian tentunya berlaku bagi Keindahan. Para filsuf mulai dari Plato, Aristoteles, dan Kant mencoba menyusun filsafatnya tentang apa yang bisa disebut indah. Misalnya, Aristoteles mengatakan bahwa yang indah haruslah simetris. Kant mengatakan bahwa yang indah mestilah lepas dari nilai guna praktisnya. Namun jika seni bertujuan menggugah perasaan manusia, dan juga pada titik tertentu adalah upaya untuk mendekatkan manusia pada kemanusiaannya, maka terlalu simplistik jika kemanusiaan diwakili oleh perasaan "menyenangkan".

Bagaimana "mengukur" bahwa seni yang memuakkan bisa menjadi satu keindahan?
Waiting for Godot karya Samuel Beckett bisa menjadi contoh. Ia tidak menyuguhkan satu kenikmatan dalam menontonnya karena alurnya yang membosankan dan berputar-putar. Meski menjengkelkan, tapi dalam tingkat refleksi tertentu, itu mencerminkan situasi dunia modern yang absurd, mekanistis, dan berputar-putar. Waiting for Godot tidak hendak mengajak apresiatornya untuk "kabur dari kenyataan", melainkan menerima semangat jaman hari ini dengan lapang dada. Artinya, keindahan adalah kembali lagi pada hakikat seni yang paling purba: kejujuran perasaan.

Posmodernisme terlihat seperti seni yang berbasiskan filsafat yang mendalam. Tapi filsafatnya itu sendiri seperti menu canggih tanda ada makanannya. Seperti pemikiran yang luhur padahal dangkal!

Posmodernisme, jika ditarik secara linear ke alur sejarah filsafat Barat, maka ia adalah anak kandung idealisme. Idealisme, digadang Hegel sebagai filsafat yang membasiskan diri pada sejarah sebagai pijakan umat manusia. Manusia, dalam hal ini, adalah instrumen yang membuat sejarah "menemukan jati dirinya" lewat dialektika tesis - antitesis - sintesis. Meski menjadi filsafat yang cukup penting untuk mengukuhkan nasionalisme Romantik Eropa, ia juga mendapat banyak pertentangan dari Marx dan Kierkegaard misalnya. Kritik terbesarnya tentu saja: Jika manusia hanya jadi alat sejarah, lantas dimana otentisitas manusia? Lantas dimana kehendak bebas manusia? Marx mengatakan, "Sejarah bisa diubah!", Kierkegaard mengatakan, "Kebenaran itu ada pada diri manusia itu sendiri!"

Ketika posmodernisme diakui sebagai anak kandung idealisme, maka sesungguhnya peta pemikiran Barat sedang berulang kembali. Ketika modernisme percaya kehendak bebas (e.g. eksistensialisme), posmodernisme menghantamnya kembali dengan mengatakan bahwa kehendak bebas itu tidak ada. Ketika modernisme percaya subjek sebagai aku yang berpikir (e.g. rasionalisme), posmodernisme menyerangnya dengan mengatakan subjek telah mati. Bahwa "aku" adalah hasil konstruksi, "berpikir" juga adalah hasil konstruksi.

Jadi, kritik yang ditujukan pada posmodernisme seharusnya sesuai juga dengan kritik terhadap idealisme yang terlalu mengawang-awang padahal dangkal. Meskipun tentu saja kita bisa perdebatkan tentang bagaimana "dangkal" itu dipahami.

Bagaimana jika Liky Ardianto memukuli kaleng bekas di panggung? Bandingkan jika yang melakukannya Frank Zappa, apakah berbeda apresiasinya? 

Salah satu pemikiran posmodernisme yang dicetuskan oleh kaum pos-strukturalis adalah mencurigai adanya kekuasaan dibalik struktur segala sesuatu. Mengapa Liky tidak disebut seni, sedangkan Zappa iya, padahal mereka melakukan hal yang identik? Jawaban pos-strukturalis: Karena ada kuasa yang menentukan siapa yang menyajikan seni dan siapa yang bukan. Ini juga yang bisa dibaca mengapa sekarang kantor kurator yang tadinya berada di belakang museum atau galeri, sekarang menjadi paling depan. Karena kurator ini menjadi kuasa yang menentukan mana yang seni dan bukan.

Oke, jika posmodernisme adalah soal kuasa, matinya subjek, dan tiadanya kehendak bebas. Lantas bagaimana posisinya atas eksistensialisme yang pahamnya persis kebalikannya: manusia berkuasa atas dirinya sendiri, subjek adalah pusat segala sesuatu, dan kehendak bebas adalah niscaya?

Posmodernisme memang juga mengritik filsafat eksistensialisme. Apa itu eksistensialisme? Ini adalah buah pemikiran pasca PD di Eropa, yang prinsip dasarnya: Eksistensi mendahului esensi. Eksistensi disini berarti meneguhkan keberadaan manusia sebagai subjek yang khas dan otentik. Sebelum eksistensialisme, peta filsafat Barat berkubang pada idealisme Jerman di bawah komando Hegel. Hegel mempercayai bahwa manusia adalah bagian dari sejarah. Sejarah bergerak bersama "roh absolut". Kalau saya menerjemahkan ke dalam bahasa sains (berhubung di IA banyak orang sains), istilah Hegel ini menjadi: "Kehidupan manusia itu deterministik, ditentukan oleh kuasa di luarnya." Hegel tidak bicara Tuhan, tapi ia menyebutnya sebagai roh absolut.

Oke, mari tinggalkan Hegel, dan kembali ke eksistensialisme. Tokoh terkenalnya, misalnya Sartre, mengatakan: "Man are condemned to be free" / "Manusia terkutuk untuk bebas". Bahwa kebebasan manusia di dunia adalah sebuah keniscayaan, dan keharusan dia agar hidupnya menjadi otentik. Manusia adalah pemberi makna bagi kehidupan. Manusia muncul duluan tanpa tedeng aling-aling dan menyematkan esensi bagi segala sesuatu. Inilah yang dimaksud eksistensi mendahului esensi.

Nah, posmodernisme hadir untuk menghantam free will eksistensialisme. Posmodernisme agak berbau idealisme Hegel yang melihat bahwa kebebasan manusia itu ilusi. Sesungguhnya kebebasan itu tidak ada, yang ada cuma konstruksi. Kita ada di bawah pengaruh "determinisme kekuasaan" yang sebenarnya mengepung kita. Misalnya, Foucault dengan cermat melacak bahwa sejarah adalah selalu sejarah para pemenang; sejarah para penguasa (Yang hebatnya, ucapan Foucault sudah pernah disebutkan oleh Ibnu Khaldun ratusan tahun sebelumnya!). Artinya, sejarah tidak pernah menuliskan dirinya sendiri. Ia ditulis oleh tangan-tangan yang kuasa. Hal serupa juga terjadi pada kegilaan, seksualitas, hingga ilmu pengetahuan. Kata Foucault, tidak ada yang bebas nilai. Kekuasaan selalu ikut camput dalam segenap klaim-klaim kepastian. Maka itulah, meski Nietzsche bukan termasuk ke dalam filsuf posmodernisme, tapi ia berperan besar dalam menciptakan kredo: "Kebenaran itu tidak lain adalah kekuasaan."

Dari uraian panjang lebar di atas, jika saya rangkum dalam kalimat yang lebih simpel: Salah satu ke-rese-an posmodernisme adalah karena ia tidak percaya kebebasan manusia. Kehendak bebas manusia itu dibentuk oleh kuasa. Maka itu manusia sebenarnya tidak bebas.

Setelah seni dan filsafat itu sendiri, wilayah apa yang juga disusupi posmodernisme?

Sains juga mendapat kritik akibat positivisme yang dirintis oleh Bacon. , Pertentangan mula-mula datang dari kaum konstruktivis yang landasan filosofisnya ada pada pernyataan protagoras: "Manusia adalah ukuran dari segala sesuatu. Giambattista Vico kemudian mengembangkan cara pandang Protagoras ini menjadi bangunan metodologi yang dinamakan konstruktivisme. Konstruktivisme ini ada termasuk di dalamnya hermeneutika dan fenomenologi. Semuanya menegakkan kredo bahwa objektivitas adalah ilusi, apa yang terjadi di dunia luar sana kita tidak pernah ketahui tanpa dicampuri oleh persepsi kita.

Nietzsche menambah njlimet urusan ini dengan mengatakan, "Ketika saintis menemukan sesuatu, ia melibatkan perasaannya seperti ambisi, nafsu, emosi, dsb. Hal-hal yang sesungguhnya bertentangan dengan semangat sains itu sendiri yang 'objektif' dan 'bebas nilai'". Kuhn juga menambah pusing dengan mengatakan bahwa dalam sains ada kubu-kubu yang saling menumbangkan dan membentuk paradigmanya sendiri. Saling tumbang menumbangkan itu ia sebut sebagai revolutionary science. Ketika mapan, namanya menjadi normal science. Tapi normal science itu kelak akan ditumbangkan kembali oleh revolutionary science ad infinitum. Kuhn kemudian memetakan paradigma dalam sains menjadi beberapa, diantaranya yang sudah cukup ajeg adalah positivisme (pendekarnya mulai dari Bacon, Galileo, Newton, Comte dst), post-positivisme (karl popper), konstruktivisme (Vico, Husserl dst) dan critical theory (mazhab frankfurt). Keempatnya tak bisa didamaikan karena punya pendekatan sendiri-sendiri thd dunia.

Terakhir, Foucault dengan rese melacak sejarah ilmu dengan nama "arkeologi pengetahuan". Bahwa apa yang kita sebut sebagai kebenaran, adalah jalinan halus kekuasaan. Kita mesti senantiasa curiga bahwa kebenaran tidak bersifat universal dan objektif, tapi parsial dan subjektif, tergantung siapa yang berkuasa. Nah, disinilah lagi-lagi posmodernisme membuat gara-gara. Ini belum termasuk Paul Feyerabend yang melakukan anarki epistemologis.

Bisa dikatakan, saat bicara tentang sains, para pendekar posmodernisme sampai pada ketidakjelasannya. Saat melintas melalui Thomas Kuhn, mereka menandaskan seakan Kuhn menciptakan kepusingan. Kukira tak ada saintis yang pusing akibat wawasan Kuhn. Mungkin filsafat Kuhn tampak canggih, tapi bukan saja filsafatnya kemungkinan besar keliru (sains lebih berupa akumulasi daripada revolusi), sains juga tidak mendapat manfaat apa pun dari filsafat Kuhn. Tentu saja Nietzsche menyukai hasrat dan ambisi, tapi obyektifitas tetap berpaku pada kesederhanaan: alamlah yang menjadi juri. Subyektifitas yang merembes dalam gagasan sains akan tunduk pada obyektifitas yang penuh rendah hati tersebut. Ada juga pernah kudengar para pendekar posmodernisme mengatakan bahwa sains hanya mitos-mitos di jaman modern. Kita tahu yang mengatakan itu di samping tidak paham sains dia juga tidak paham mitos. Mitos kalau kita baca strukturalisme adalah upaya menyelesaikan tegangan (tension) psikologis, tapi sains tidak seperti itu. Sains menyelesaikan persoalan nyata. Jadi, mari kita masukkan posmo ke dalam api pembakaran.

Feyerabend berkata bahwa dulu mitos adalah sains pada masanya. Artinya, orang menciptakan mitos karena berupaya menjelaskan secara rasional sebab musabab apa yang terjadi pada alam. Kita tentu tidak bisa membandingkan mitos tersebut dgn metode saintifik ala Bacon. Tapi atas upaya tersebut, kita bisa melihatnya sebagai sains dalam konteks masa itu. Sains sebagai mitos? Sebagaimana posmodernisme yang tidak dianggap bermanfaat bagi saintis, mungkin sains juga tidak bermanfaat bagi agamawan. Sains bisa berbicara tentang awal mula alam semesta, tapi agamawan tidak akan goyah, "Dimulai dengan big bang dan kun fayakun. Apa bedanya?" 

Saat alam menjadi juri, sains menunjukkan bahwa klaim-klaim tidak valid dalam akupunktur dan yoga bisa dibersihkan. Itulah yang membedakan sains dengan mitos. Big bang adalah peristiwa yang didukung data yang kukuh, tidak seperti mitos kun fayakun. Upaya posmodernisme yang menyamakan sains dengan mitos bukan hanya salah (tidak benar) tapi juga berbahaya (tidak bermoral) karena orang sakit akan makin berisiko saat menuruti mitos yang sudah jelas tidak terbukti kevalidannya.

Kun fayakun, creatio ex nihilo, itu penciptaan semesta berdasarkan perspektif 'Tuhan' (jika memang ada/percaya). Manusia bukan Tuhan karena itu jika memakai pendekatan creatio ex nihilo untuk menjembatani fenomena alam tentu saja tidak berkembang (fenomena a x keajaiban = fenomena b). Hukum materi kita itu from nothing comes nothing, sesuatu itu 'ada' karena ada keberadaan yang sebelumnya. Dalam ranah kemanusiaan, sesuatu itu harus bisa dikaji secara materi, untuk bisa diidentifikasi, dikembangkan dan dimanfaatkan. Big bang itu belum tentu satu big bang, Bisa jadi big bang merupakan kelanjutan dari big bang yang lain. Big bang benar karena data saat ini bilang itu benar. Bisa jadi di masa depan ketika kemampuan manusia lebih maju, kalau tidak ada kejadian yang me-reset semua pencapaian teknologi dan kesadaran manusia, bisa jadi big bang yang masyarakat percayai sebagai titik inisiasi semesta adalah mitos.


Ketika ilmuwan menghasilkan sesuatu yang nyata bagi peradaban, dengan hitung-hitungan dan segala eksperimen dan observasinya. Sedangkan guru-guru filsafat hanya menghasilkan buku pepesan kosong, dan hidup dari buku. Inikah posmodernisme?

Menurut Tayo Sandono, "Agama punya aturan, sains pun punya aturan, tetapi filsafat tidak punya aturan yang mengikatnya. Maka hanya filsafat yang bisa mengkritik sains dan agama." Selain itu, perlu diakui filsafat memang berbicara tentang pepesan kosong. Tapi ketika pepesan kosong itu dibicarakan, berarti dia ada. Seperti orang bicara, "ayo kita bicarakan yang tidak ada".

Filsafat bermain di tataran kesadaran. Saya akan beri contoh dua "guru filsafat modern" yang paling "pepesan kosong", yaitu Karl Marx dan Sigmund Freud. Marx dengan canggih mengkhayal bahwa sejarah adalah sejarah perjuangan kelas. Ada kaum borjuis dan proletar. Ketimpangan ini akan selalu terjadi jika proletar membiarkan borjuis merajalela. Harus dilakukan satu revolusi proletariat untuk menggulingkan pemilik modal. Akhirnya kepemilikan menjadi milik bersama di bawah distribusi dari sang pemimpin yang dinamakan diktator proletariat. Pepesan kosong? ya jelas. Tapi Marx memberi satu kesadaran terhadap dunia, bahwa kaum buruh bisa melawan. Ia juga memberi satu solusi apa yang terjadi setelah pemerintah kapital digulingkan. Apakah keberadaan Uni Soviet, Korut, dan Kuba adalah sebuah revolusi saintifik? Bisa iya, tapi itu dipicu dari "katalis kesadaran" Marx. 

Freud dia bicara soal jiwa. Tadinya psikologi dikuasai oleh behaviorisme yang dijuluki "ilmu jiwa yang tanpa jiwa". Behaviorisme percaya bahwa manusia tidak lebih dari sekedar respons terhadap lingkungannya. Jadi kalau kita dibiasakan disiplin bangun pagi jam 6, maka kita bisa dibentuk seperti itu. Freud mengkhawatirkan bahwa dalam diri setiap manusia yang mendapat satu paksaan lingkungan, ada jiwa yang diam-diam bersembunyi seperti gunung es. Freud kemudian menelaah jiwa itu seolah-olah ilmiah, dengan nama psikoanalisis. Hal yang masih menjadi perdebatan tentang keabsahannya sebagai sains. Namun apakah psikoanalisis menyumbangkan sesuatu? Iya, misalnya aliran surealisme dalam lukisan. Atau bagaimana iklan-iklan televisi tidak lagi menarik minat pemirsa secara verbal, tapi dengan diam-diam menelusup ke dalam jiwa. 

Menyinggung soal agama. Berarti orang-orang jepang yang mayoritas neither atheist nor specifically engaged in one religion, tapi punya relaxed approach di hal itu seperti menjalankan ritual buddha (upacara kematian), shinto (upacara kelahiran), dan kristen (pernikahan dan saat natal) sekaligus; itu bisa kategorikan posmodernisme?

Mereka yang menjalankan, bukan posmodernis tentu saja. Tapi kita bisa membaca hal tersebut sebagai fenomena posmodernisme. Ini salah satu kredo posmodernisme: ateisme itu produk modernis yang usang. Ateisme memang sempat trendi sebagai identitas perlawanan terhadap represi gereja di abad pertengahan. Tapi ateisme modern yang digadang-gadang oleh orang-orang seperti Feuerbach, Marx, Freud, Sartre dan Nietzsche, sebenarnya tidak lebih dari sekedar trend intelektual. Pada titik tertentu, kita juga harus menerima bahwa dunia ini mengandung "spiritualitas" tertentu. Posmodernisme tidak menunjuk spiritualitas agama-agama besar tertentu, ia mengajak merenungkan bahwa rasionalitas itu tidak melulu bisa mendekati persoalan.  

Oke, tadi sempat disinggung Feyerabend. Bisa dijelaskan?

Saya akan membaginya ke dalam beberapa poin:
1. Anti metode/against method. Feyerabend mengkritik (mendekonstruksi) metode saintifik yg dibuat oleh kaum positivis. Sains yang oleh para saintis dianggap harus punya satu metoda baku dan universal, resistan pada kritik, dan berlaku sepanjang zaman, baginya, bukan hanya superfisial, tapi jg tidak realistis, gagasan seperti itu justru merusak dan menghambat laju ilmu pengetahuan itu sendiri. Ia mengabaikan kompleksitas historis yg memungkinkan perubahan, bahwa sejarah ilmu pengetahuan juga sejatinya melulu dipenuhi pertentangan teori, Feyerabend menolak anggapan saintisme berada diatas segala aspek budaya yg malah menyebabkan sains modern menghalangi kebebasan saintis itu sendiri, karena terkekang oleh metoda, dalam bukunya Against Method, dijelaskan bahwa para saintispun tidak bisa melepaskan diri dari historisitas hukum-hukum, teknis-teknis matematis, dan apa yg disebutnya 'prasangka-prasangka epistemologis'. Metoda seolah menjadi 'metanarasi' baru, sebuah ide final yg legitimatif menentukan 'apa yang benar', kebenaran (objektif), jika memang ada, seolah menjadi bermakna 'apa yg sesuai metode', namun dengan sewenang-wenang menafikan metode-metode yang liyan.
 
Sedikit mengutip Lyotard, sains sebagai suatu wacana, mengklaim dirinya sebagai satu-satunya yg sahih dan valid, melegitimasi dirinya sendiri, namun klaim tersebut menjadi absurd karena ternyata aturan mainnya (metode) inheren ditentukan oleh konsensus para ahli,oleh para saintis yg keren2 karena berbicara dengan bahasa teknis njelimet yg hanya dimengerti lingkungan sains itu sendiri. Sejatinya sains hanyalah salah satu permainan bahasa, diantara banyak permainan lainnya. Modus legitimasi ini, di bawah satu idealisme tentang kebenaran tunggal (homologi), selayaknya digantikan dengan paralogi, bahwa metanarasi seharusnya 'dihancurkan' karena sejatinya ada banyak aneka 'kebenaran' berupa narasi-narasi kecil yg plural. 

2. Anti sains. Anti sains disini jangan diartikan lateral sebagai anti pada ilmu pengetahuan. Anti disini berarti penolakan pada 'kekuasaan ilmu pengetahuan', 'kesewenang-wenangan epistemologis' dalam menentukan mana yang benar, mana yang sampah, 'idealisme' dalam ilmu pengetahuan ini, yg dengan radikal ditentang feyerabend. Menurutnya dalam sains pun terkadang (baca:seringnya) memiliki muatan kepetingan tertentu, sehingga 'idealisme' ini haruslah diperlakukan layaknya cerita-cerita dongeng., harus dipahami sebagai upaya koreksi pada praktik ilmiah yg seringkali justru mengaburkan esensi ilmu sebagai 'kebebasan befikir', sains menjadi pemikiran tunggal-mutlak yg secara universal harus diamini kebenarannya, menguasai kebenaran bagi dirinya sendiri, kebenaran diklaim sebagai hak milik mereka yg mengerti matematika, algoritma dan geometri, menampik kebenaran yg liyan dengan cap-cap "tidak ilmiah", "tidak matematis", "tidak sesuai metode saintifik", "pesudosains", mengklaim satu-satunya yang benar dengan dalil objektifitas, namun sesungguhnya tidak lepas dari subjektivitas-subjektivitas itu sendiri, dari idealisme, dari kepentingan, dari propaganda para saintis dan institusi. Karena itu sejatinya tidak wajar memistifikasi sains sebagai satu-satunya kebenaran tunggal yg sahih, karena sains sendiri justru tidak pernah bebas nilai, tidak lepas dari ideologi, kekuasaan, dan kepentingan subyektif inidividu, dalam tataran epistemologis, saintis sebagai pemegang 'hak waris' penentu kebenaran tidak pernah lepas praanggapan, asumsi, presuposisi, dan hukum-hukum yang mendogma.
 
Bagi Feyerabend, mistifikasi sains ini, idealisasi ilmu, sejatinya justru membikin sains mengalami stagnansi. ketika sains sudah menjadi ide final yang fondasi epistemologisnya resistan pada kritik, apalah bedanya dengan kisah-kisah agung lainnya, dengan mitos-mitos lain yg katanya tidak ilmiah itu ?
 
Sedikit soal "anything goes", anarki epistemologis, senada dengan dekonstruksi Derrida, menurutku adalah proses reflektif kritis untuk mempertanyakan segala, termasuk fondasi dari kebenaran, semangatnya adalah anti-kemapanan, anti stabilitias sebagaimana yg telah diwartakan Nietzsche sang nabi peragu, bahwa sesungguhnya tidak ada kebenaran, melainkan interpretasi, bahwa ide final tanpa otokritik, merupakan pembunuhan kebenaran oleh definitif akal. dekonstruksi. Hal demikian merupakan rangkuman semangat posmodernisme, pada esensinya adalah proses destabilisasi dan delegitimasi klaim kebenaran oleh satu ide final-tunggal-universal. 

Kalau di sastra apakah puisi-puisi Mbeling karya Remy Sylado itu posmo? Seperti: 
Teks Atas Descartes
Orang Perancis
berpikir
maka mereka ada
Orang Indonesia
tidak berpikir
namun terus ada.

atau
 
Progres Cinta Kasih
Papa + Mama = Anak.
 

Puisi-puisi Remy itu kelihatan spt kritik terhadap modernitas pemikiran Barat. Yang pertama tentu saja kritik terhadap Descartes (Remy membubuhkan sedikit filsafat Heidegger yang menyebut manusia sebagai "dasein" [ada di sana, sudah ada begitu saja tanpa harus dipikirkan]_. Yang kedua itu kritik terhadap Hegel yang melihat kemajuan sebagai dialektika antara tesis + antitesis = sintesis. Ini menurut saya yang cutting edge, sastrawan Prancis, Guillaume Apollinaire. Karena wilayah-wilayah kesenian diterabas. Kalau masih menggunakan teks, walaupun isinya unik, tetep aja masih menggunakan kacamata puisi yang ketat.  


Saya coba mulai angkat satu topik kecil yg di atas disebutkan, soal pengobatan. Saya kira label "timur" dan "barat" adalah nonsense kalau kita bicara soal pengobatan. Kalau sembuh dan sakit, efektif atau tidak efektif adalah sesuatu yg relatif, maka "mati" dan "hidup" juga sesuatu yg relatif. Dari satu topik ini terlihat masalah yg ada dan kenapa, dalam banyak bidang diluar seni, bidang-bidang yang terkait dgn alam dan tubuh manusia, kita butuh empiris, kita butuh pemisahan bias-bias pribadi dari klaim yg dibuat, dari model yang kita buat dan kita tes, dari efektif tidaknya pengobatan dimana ini berpengaruh pd hidup matinya seseorang.

Sebagaimana halnya dalam pengobatan modern pun ada malpraktek, dalam pengobatan tradisional pun pasti ada oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Yang harus kita lawan adalah penyimpangannya, bukan memukul rata tradisi serta metodenya sebagai biang kematian. 

Apa di sini yg dimaksud kebijaksanaan pengobatan timur? Di sini tentu saya tidak bicara penyakit "masuk angin" atau penyakit-penyakit remeh yg mungkin minum teh hangat juga sudah baikan, tetapi penyakit serius seperti infeksi organ tertentu (misal ginjal). Ngomong-ngomong soal "modern" juga kita tidak bicara modern vs kuno (lebih kuno tidak berarti efektif, lebih modern juga belum tentu), yang saya maksud dgn modern di sini adalah pengobatan dgn dasar sains: infeksi bakteri ditangani dgn antibiotik. Supaya menghindari kesalahpahaman saya gunakan selanjutnya "pengobatan berdasar sains". Di sini juga kita tidak bicara soal penyimpangan, tidak bicara oknum, malpraktek tidak mewakili pengobatan berdasar sains, kita bicara pada kasus dimana mereka-mereka lakukan pengobatan sebagaimana mestinya, kita bicara efektifitas metode pengobatannya sendiri. Tanpa observasi yg solid, infeksi ginjal akan dibilang ketidakseimbangan chi, ditangani dgn pengobatan ala timur atau entah ala apa, kemudian akan mati dalam waktu 1 - 2 minggu. Sakit jantung lebih parah lagi, dalam hitungan menit sel-sel otak akan mati. Apakah ada peran dari "kebijaksanaan" pengobatan timur di sini? 

Perlu diketahui bahwa posmodernisme tidak hendak mempertarungkan pengobatan mana yang lebih efektif. Posmodernisme mengubah pandangan tentang klaim kebenaran tunggal, menjadi "kebenaran kontekstual". Bahwa yang disebut sebagai kebenaran, jangan-jangan adalah klaim kekuasaan tertentu saja. Kita bisa melacak juga sejarah penyakit-penyakit: Apakah penyakit jaman dahulu sudah sekompleks hari ini? Jangan-jangan "kesederhanaan" pengobatan timur adalah sesuai dengan situasi dan kondisi timur pada masanya. Kita tidak pernah, misalnya, mendengar ada wabah pes di Cina sebagaimana melanda Eropa di Abad Pertengahan. Ada kompleksitas yang mendasari bagaimana suatu penyakit bisa hadir dalam masyarakat. Posmodernisme mau memotret kompleksitas itu sebagaimana adanya. Karena kompleks, maka satu cara pandang saja tidak cukup dalam memahami sesuatu. Modernitas seringkali mencoba paham segala sesuatu secara otoritatif. Ketika tidak mampu dipahami, sesuatu itu dicap sebagai the others. Padahal the others itu hanya bisa dipahami jika kita menjadi mereka.

Bagaimana tentang Gangnam Style? Apakah itu fenomena posmodernisme?

Seni modern melihat seni produksi massal kadang-kadang sebagai kitsch, atau: Seolah-olah seni padahal bukan. Posmodernisme melihat kitsch juga dalam kacamata kontekstual. Misalnya, kain ulos tidak dibuat atas nama suatu individualitas tertentu. Kita tidak akan menemukan tanda tangan si pembuat kain dalam ulos. Tapi apakah yang demikian bisa kita sebut kitsch? Apakah yang demikian bukan seni? Posmodernisme memperdebatkan hal tersebut, dengan misalnya: Jangan-jangan yang demikian adalah seni yang sejati. Kenapa? Karena ia punya fungsi yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dan dia anonim serta rendah hati.



Peserta diskusi: Ping Setiadi Yap, Amelia Guo, Theodore Mantovani, Karl Karnadi, Lea Angelina, Adventino Satrio, Mhd Sulhan, Ribraharnus Pracurtiar, Liem Freddy, Joko Supriyadi, Risang Gita Prahoro, Liky Ardianto, Rude Fontaine, Rachmat Septiana Haryadi, Kharisma Prima, Studens Philosophiae, Sebastian A. Nugroho, Garry Alexander, Nybras Kobral, Poes Koes, Andra Widjaja, Kepala Kubus, Hakmer Siregar, Marvel Dernabeli Anggen.

Comments

Popular posts from this blog

Tentang Live Instagram Dua Belas Jam

  Hari Minggu, 24 Juli kemarin, saya live Instagram hampir dua belas jam. Untuk apa? Pertama, mengumpulkan donasi untuk Kelas Isolasi yang kelihatannya tidak bisa lagi menggunakan cara-cara yang biasa-biasa (karena hasilnya selalu kurang memadai). Kedua, iseng saja: ingin tahu, selama ini saya belajar dan mengajar filsafat itu sudah “sampai mana” jika diukur dengan menggunakan jam. Putusan untuk mengudara dua belas jam tersebut tidak melalui persiapan matang, melainkan muncul begitu saja dari dua hari sebelumnya. Oh iya, materi yang saya bawakan adalah berkenaan dengan sejarah filsafat Barat. Keputusan tersebut membuat saya agak menyesal karena mesti menghabiskan hari Jumat dan Sabtu untuk baca-baca secara intens. Seperti yang sudah saya duga, belajar filsafat memang aneh: semakin dibaca, semakin menganga lubang-lubangnya. Awalnya, saya berniat untuk khusus membaca bagian Abad Pertengahan saja karena merasa pengetahuan saya paling lemah di bagian itu. Setelah lumayan membaca tipis-tip

Metafisika

Entah benar atau tidak, tapi boleh kita percaya agar pembahasan ini menjadi menyenangkan: Istilah metafisika terjadi oleh sebab sesuatu yang tidak sengaja. Ketika Aristoteles sedang menyusun buku-bukunya di rak, asistennya meletakkan buku yang berisi tentang segala sesuatu yang di luar kenyataan seperti prinsip pertama dan pengertian tentang ada (being qua being) setelah buku bertitel 'Fisika'. Atas ketidaksengajaan itulah, buku tersebut dinamai 'Metafisika'. 'Metafisika' berarti sesudah 'Fisika', yang memang secara harfiah betul-betul buku yang ditempatkan setelah buku 'Fisika' di rak Aristoteles. Istilah tersebut jadi terus menerus dipakai untuk menyebut segala sesuatu tentang yang di luar atau di belakang dunia fisik. Agak sulit untuk menjelaskan secara presisi tentang apa itu metafisika (tentu saja metafisika dalam arti istilah yang berkembang melampaui rak buku Aristoteles), maka itu alangkah baiknya kita simak beberapa contoh upaya untuk me

Kelas Logika: Kerancuan Berpikir (Informal)

 Dalam keseharian kita, sering didapati sejumlah pernyataan yang seolah-olah benar, padahal rancu dan sesat. Kerancuan dan kesesatan tersebut disebabkan oleh macam-macam faktor, misalnya: penarikan kesimpulan yang terburu-buru, penggunaan kata yang bermakna ganda, penekanan kalimat yang tidak pada tempatnya, pengaruh orang banyak yang menyepakati sebuah pernyataan sebagai benar, dan lain sebagainya.    Dalam ranah ilmu logika, kerancuan dan kesesatan diistilahkan dengan fallacy (jamak: fallacies ). Fallacy ini amat banyak ragamnya, dan di tulisan ini akan disebutkan fallacy yang sifatnya informal. Formal fallacies adalah kerancuan yang dihasilkan dari kesalahan dalam aturan silogisme, penalaran, dan pengambilan keputusan. Sedangkan informal fallacies (atau disebut juga material fallacies ) adalah kerancuan yang dihasilkan dari kekeliruan memahami konsep-konsep yang lebih mendasar seperti terma, definisi, dan pembentukan premis itu sendiri.  1. Kerancuan dalam Berbahasa  1