Skip to main content

Pembebasan

Suatu ketika saya menolak Adorno, karena idenya tentang emansipasi lewat musik Schoenberg itu terlalu elitis. Siapa bisa paham Schoenberg, kecuali telinga-telinga yang terlatih dan pikiran-pikiran yang telah dijejali teori musik? Bagaimana mungkin teknik dua belas nada yang tak punya "jalan pulang" tersebut dapat membebaskan kelas pekerja dari alienasi? Namun setelah ngobrol-ngobrol dengan Ucok (Homicide/ Grimloc) awal April kemarin, tiba-tiba saya terpantik hal yang justru berkebalikan. Kata Ucok, memang seni itu mestilah "elitis". Lah, apa maksudnya?  Lama-lama aku paham, dan malah setuju dengan Adorno. Pembebasan bukanlah sebentuk ajakan atau himbauan, dari orang yang "terbebaskan" terhadap orang yang "belum terbebaskan" (itulah yang kupahami sebelumnya). Pembebasan bukanlah sebentuk pesan, seperti misalnya musik balada yang menyerukan ajakan untuk demo, meniupkan kesadaran tentang adanya eksploitasi, atau dorongan untuk mengguncang oligarki.

Tentang Penyuntingan



Sejak beberapa bulan terakhir, saya mendapatkan pekerjaan untuk mengedit naskah teman kuliah yang mengangkat tema tentang mental health. Ini bukan pekerjaan menyunting saya yang pertama, tetapi pekerjaan ini cukup berkesan karena saya merasa benar-benar menjalankan tugas sebagai editor. Maksudnya, saya tidak hanya melakukan editing secara teknis, melainkan juga bisa menjadi rekan diskusi bagi gagasan di dalamnya. Bagaimanapun, penyunting adalah "pembaca pertama". Dengan demikian, penyunting harus mampu memposisikan diri sebagai penulis (untuk mencoba memahami gagasan keseluruhannya) dan memposisikan diri sebagai pembaca (yang ingin "dimanja" dengan keterbacaan yang enak dan alur yang mudah dipahami). 

Dalam beberapa bagian, saya bahkan bisa mengungkapkan keberatan terhadap gagasan-gagasan di dalamnya, sehingga kami kemudian berdiskusi untuk mencari jalan keluar. Dalam hal ini, saya berusaha untuk berpendapat tidak atas dasar ideologi pribadi, tetapi kemungkinan persepsi teks ini di mata pembaca kelak. Hal-hal yang bertentangan dengan ideologi pribadi saya coba kemukakan tetapi tidak perlu sampai "dipaksakan" untuk dituruti. Kadang saya mengedit sambil dongkol karena hal-hal tertentu dalam teks yang cukup bertentangan dengan prinsip saya. Namun tidak apa-apa, sekalian belajar menerima perbedaan. Tidak semua hal mesti sejalan dengan apa yang saya pikirkan. 

Bapak mengatakan, menulis bukanlah mengedit. Menulis adalah tentang menuangkan gagasan lewat tulisan, tetapi bukan artinya harus sempurna sampai ke urusan titik koma. Dalam konteks tertentu, ada tugas editor yang merapikan semuanya hingga gagasan via teks tersebut bisa layak untuk sampai ke tangan pembaca. Tentu saja bukan artinya semua yang memiliki gagasan bisa menjadi penulis, tetapi sekurang-kurangnya, seseorang sudah bisa disebut penulis jika mampu menuliskan gagasannya dengan pesan yang clear dan alur yang jelas, tanpa mesti memikirkan kaidah penulisan secara ketat seperti EYD, PUEBI, atau kata-katanya ada di KBBI atau tidak. Penulis yang bisa memerhatikan hal-hal itu semua tentu baik, tetapi sekali lagi, tidak wajib seratus persen. 

Pendapat bapak ada benarnya, tetapi agak sulit dalam konteks misalnya penulisan ilmiah yang memposisikan penulis seolah-olah sebagai sentral dalam kekaryaan. Karya tulis ilmiah adalah produk si penulis/ si peneliti seorang diri (terkadang bersama penulis-penulis lain yang diposisikan "setara") dan tidak boleh terlihat sebagai kerja kolektif (informan tidak dihitung). Padahal, masih ide bapak, karya tulis ilmiah juga bisa melibatkan kerja kolektif: ada editor, penata letak, penyusun daftar isi, pembuat sistem mendeley, dan sebagainya. Semuanya itu, meski pada kenyataannya bisa jadi dibayar profesional, tetapi setidaknya diaku sebagai bagian dari proses pengerjaan naskah. Iya, nama-nama mereka dituliskan, seperti kredit dalam film. 

Gagasan ini boleh dicoba, karena selama ini penulis karya ilmiah seringkali diposisikan sebagai "manusia super" yang seolah mengerjakan segala. Padahal bisa jadi mereka hanya punya kemampuan analisis yang tajam, sementara kemampuan menulisnya amatlah payah. Alhasil, urusan pengerjaan karya tulis ilmiah seringkali disibukkan oleh urusan teknis. Pembimbing capek melihat EYD yang berantakan, hubungan antar kalimat yang tidak nyambung, atau deduksi - induksi yang tidak jelas. Disinilah editor mestinya bertugas, supaya penulis karya ilmiah cukup fokus pada hasil penelitian yang bagus dan berdampak. Editor di sini bukan sekadar editor bayaran yang dipekerjakan seolah-olah "di luar" sistem, tetapi masuk ke dalam sistem, diakui sebagai penyunting karya ilmiah. 

Jika penyunting semacam ini diterima sebagai bagian dari kerja-kerja penulisan karya ilmiah, mungkin peneliti kita tidak usah lagi bekerja keras menjadi penulis yang baik. Atau sebaliknya, mereka hanya tinggal mengakui bahwa mereka memang penulis yang buruk. Eh.

Comments

Popular posts from this blog

Tentang Live Instagram Dua Belas Jam

  Hari Minggu, 24 Juli kemarin, saya live Instagram hampir dua belas jam. Untuk apa? Pertama, mengumpulkan donasi untuk Kelas Isolasi yang kelihatannya tidak bisa lagi menggunakan cara-cara yang biasa-biasa (karena hasilnya selalu kurang memadai). Kedua, iseng saja: ingin tahu, selama ini saya belajar dan mengajar filsafat itu sudah “sampai mana” jika diukur dengan menggunakan jam. Putusan untuk mengudara dua belas jam tersebut tidak melalui persiapan matang, melainkan muncul begitu saja dari dua hari sebelumnya. Oh iya, materi yang saya bawakan adalah berkenaan dengan sejarah filsafat Barat. Keputusan tersebut membuat saya agak menyesal karena mesti menghabiskan hari Jumat dan Sabtu untuk baca-baca secara intens. Seperti yang sudah saya duga, belajar filsafat memang aneh: semakin dibaca, semakin menganga lubang-lubangnya. Awalnya, saya berniat untuk khusus membaca bagian Abad Pertengahan saja karena merasa pengetahuan saya paling lemah di bagian itu. Setelah lumayan membaca tipis-tip

Metafisika

Entah benar atau tidak, tapi boleh kita percaya agar pembahasan ini menjadi menyenangkan: Istilah metafisika terjadi oleh sebab sesuatu yang tidak sengaja. Ketika Aristoteles sedang menyusun buku-bukunya di rak, asistennya meletakkan buku yang berisi tentang segala sesuatu yang di luar kenyataan seperti prinsip pertama dan pengertian tentang ada (being qua being) setelah buku bertitel 'Fisika'. Atas ketidaksengajaan itulah, buku tersebut dinamai 'Metafisika'. 'Metafisika' berarti sesudah 'Fisika', yang memang secara harfiah betul-betul buku yang ditempatkan setelah buku 'Fisika' di rak Aristoteles. Istilah tersebut jadi terus menerus dipakai untuk menyebut segala sesuatu tentang yang di luar atau di belakang dunia fisik. Agak sulit untuk menjelaskan secara presisi tentang apa itu metafisika (tentu saja metafisika dalam arti istilah yang berkembang melampaui rak buku Aristoteles), maka itu alangkah baiknya kita simak beberapa contoh upaya untuk me

Kelas Logika: Kerancuan Berpikir (Informal)

 Dalam keseharian kita, sering didapati sejumlah pernyataan yang seolah-olah benar, padahal rancu dan sesat. Kerancuan dan kesesatan tersebut disebabkan oleh macam-macam faktor, misalnya: penarikan kesimpulan yang terburu-buru, penggunaan kata yang bermakna ganda, penekanan kalimat yang tidak pada tempatnya, pengaruh orang banyak yang menyepakati sebuah pernyataan sebagai benar, dan lain sebagainya.    Dalam ranah ilmu logika, kerancuan dan kesesatan diistilahkan dengan fallacy (jamak: fallacies ). Fallacy ini amat banyak ragamnya, dan di tulisan ini akan disebutkan fallacy yang sifatnya informal. Formal fallacies adalah kerancuan yang dihasilkan dari kesalahan dalam aturan silogisme, penalaran, dan pengambilan keputusan. Sedangkan informal fallacies (atau disebut juga material fallacies ) adalah kerancuan yang dihasilkan dari kekeliruan memahami konsep-konsep yang lebih mendasar seperti terma, definisi, dan pembentukan premis itu sendiri.  1. Kerancuan dalam Berbahasa  1