Skip to main content

Seperti Hewan, Seperti Mesin

Ilustrasi dihasilkan oleh AI Ada macam-macam pengandaian untuk manusia tertentu yang dianggap tak-lagi-seperti-manusia. Dalam sebuah pertarungan UFC (contoh ini dipilih karena saya sering menontonnya di Youtube), misalnya, seorang petarung yang begitu ganas dalam melancarkan pukulan dan bantingan bisa diibaratkan oleh komentator "seperti hewan". Mungkin karena petarung tersebut begitu "kehilangan akal", memanfaatkan hanya nalurinya untuk menerkam, memanfaatkan seluruh tubuhnya untuk menghabisi mangsa.  Ada juga perandaian lain yang non-manusia, yaitu mesin. Menyebut manusia sebagai mesin sama-sama memperlihatkan "kehilangan akal", tetapi lebih menunjuk pada suatu gerakan otomat, kadang repetitif, yang kelihatannya bisa dilakukan berulang-ulang tanpa mengenal rasa lelah. Mungkin bisa dibayangkan pada Cristiano Ronaldo muda yang larinya begitu kencang atau petinju yang bisa menghujamkan pukulan terus menerus seolah-olah dia diprogram demikian.  Tubuh adalah ...

Pameran Mind Reflection Andra Semesta: Dari Sinestesia hingga Magi Mandala

Sekitar sebulan lalu, saya diundang oleh seorang kawan, fotografer bernama Galih Sedayu, untuk menjadi pembicara tentang topik "Peran Seni Rupa dalam Industri Kreatif". Diskusi yang diadakan di Lawangwangi Art Space tersebut juga turut mengundang seniman Tisna Sanjaya. Namun bukan tentang diskusi yang ingin saya bahas dalam tulisan ini, melainkan pameran Andra Semesta yang berjudul Mind Reflection. Diskusi memang diadakan di tengah-tengah pameran tersebut, dan memang dirancang sebagai bagian dari pameran. 

Andra Semesta adalah seniman rupa lulusan Wimbledon College of Arts. Apa yang menjadi proyek melukisnya sangat bertalian dengan musik. Apa maksudnya? Ada dua kemungkinan hubungan Andra dengan musik dalam hal ini:
  • Andra menjadikan musik sebagai stimulus geraknya. Irama musik yang menggiring kemana ia harus menggerakan kuas (atau juga tangan kosong) dan irama musik juga yang membisikkan warna apa yang harus ia pilih untuk digoreskan di atas kanvas. 
  • Ini yang lebih mendalam: Andra melihat musik dan ia memvisualkannya ke atas kanvas. Jadi bukan musik sebagai stimulus, melainkan musik sebagai objek. 
Jika yang terakhir yang Andra "idap", maka ini semacam apa yang disebut dengan synesthesia atau fenomena neurologis dimana seseorang mengalami semacam "perlintasan sensori". Misalnya, seorang mendengarkan musik, tapi yang muncul dalam kepalanya adalah warna-warna. Atau sebaliknya, seseorang melihat warna, tapi muncul pada sensorinya adalah bebunyian. Meski demikian, bukti ilmiah tentang synesthesia sendiri tidak terlalu kuat dan konkrit karena hanya berasal dari pengalaman-pengalaman pribadi saja. 

Apakah Andra mengalami synesthesia? Mungkin saja, tapi pertanyaannya: Seniman mana yang tidak mengalami "synesthesia"? Bukankah disitu kelebihan seorang seniman: Menabrak batas-batas sensori, sehingga misalnya, bagi seorang sastrawan, ia bisa menuliskan tentang "aroma Bandung" yang sedang ia hirup dan bagi seorang komposer, ia bisa mengomposisi sebuah karya musik tentang "setan dan malaikat"? 

Proyek lukisan Andra sebenarnya tidak terlalu baru. Dalam khazanah seni rupa Barat, ada seorang Rusia bernama Wassily Kandinsky (1866 - 1944) yang melukis dengan preferensi musik - sehingga karya lukisnya diberi judul seperti halnya musik, yaitu mengandung kata-kata seperti "composition" dan "improvisation" -. Apa yang dilakukan Kandinsky dengan karya abstraknya tidak terlalu populer di Rusia pada masanya (terutama ketika beralih ke Uni Soviet sejak 1917). Namun ia tetap beruntung karena belum sempat mengalami era "Doktrin Zdhanov" di tahun 1946 yang lebih kuat mengatur karya seni dan mengarahkannya pada estetika realisme sosialis.

Kalaupun yang dilakukan oleh Andra itu tidak ada yang baru -jika diasumsikan bahwa arah gerak seni rupa harus mengarah pada sesuatu yang baru-, maka apa keistimewaan karya-karyanya, yang juga diberi label judul lagu atau judul album tersebut? Menarik jika melihat bahwa Andra memilih kanvas dengan bentuk lingkaran. Selidik punya selidik, pemilihan tersebut bukannya tanpa arti. Andra menginterpretasikannya sebagai sebuah mandala (bentuk yang sering ada dalam tradisi Hinduisme ataupun Buddhisme, sebagai perlambang alam semesta). Ternyata benar, ada kesan yang berbeda mengapresiasi sebuah lukisan abstrak dalam bingkai mandala. Ada suatu kesan bahwa musik, dalam perspektif Andra, diangkat derajatnya pada suatu maqam yang spiritual. Sepertinya Andra ingin mengatakan, musik itu adalah suatu entitas tak terbatas, dan betapa menderitanya ia jika harus dimampatkan dalam suatu medium visual yang terbatas (baca: kanvas segiempat). Namun pesona mandala sepertinya lebih mampu mewakili ketakterbatasan musik.

Epilog: Di akhir diskusi, Andra dan Tisna melukis bersama, merespon musik yang saya mainkan.    




Comments

Popular posts from this blog

Kelas Logika: Kerancuan Berpikir (Informal)

 Dalam keseharian kita, sering didapati sejumlah pernyataan yang seolah-olah benar, padahal rancu dan sesat. Kerancuan dan kesesatan tersebut disebabkan oleh macam-macam faktor, misalnya: penarikan kesimpulan yang terburu-buru, penggunaan kata yang bermakna ganda, penekanan kalimat yang tidak pada tempatnya, pengaruh orang banyak yang menyepakati sebuah pernyataan sebagai benar, dan lain sebagainya.    Dalam ranah ilmu logika, kerancuan dan kesesatan diistilahkan dengan fallacy (jamak: fallacies ). Fallacy ini amat banyak ragamnya, dan di tulisan ini akan disebutkan fallacy yang sifatnya informal. Formal fallacies adalah kerancuan yang dihasilkan dari kesalahan dalam aturan silogisme, penalaran, dan pengambilan keputusan. Sedangkan informal fallacies (atau disebut juga material fallacies ) adalah kerancuan yang dihasilkan dari kekeliruan memahami konsep-konsep yang lebih mendasar seperti terma, definisi, dan pembentukan premis itu sendiri.  1. Kerancuan dal...

Honest Review

Istilah " honest review " atau "ulasan jujur/ apa adanya" adalah demikian adanya: ulasan dari seseorang (hampir pasti netizen dalam konteks ini) tentang suatu produk entah itu kuliner, buku/ tulisan, film, dan lain-lain, yang disampaikan secara "jujur". Hal yang umumnya terjadi, "jujur" ini lebih condong pada "kalau jelek bilang jelek" atau semacam "kenyataan pahit". Sebagai contoh, jika saya menganggap sebuah rasa sebuah makanan di restoran A itu buruk, saya akan mengklaim diri saya telah melakukan " honest review " jika kemudian dalam membuat ulasan, benar-benar mengatakan bahwa makanan tersebut rasanya buruk. Mengatakan bahwa sebuah makanan itu enak dan memang benar-benar enak, memang juga semacam " honest review ", tapi biasanya bisa dicurigai sebagai bentuk dukungan, promosi, atau endorsement . Jadi, saat seorang pengulas berani mengatakan bahwa makanan ini "tidak enak", fenomena semacam itu ...

Puisi Penjudi

  Sejak SD kutahu berjudi itu dilarang Dari Qur'an sudah jelas judi dibilang haram Orang bijak bilang tiada manusia kaya karena judi Rhoma Irama menegaskan judi merusak pikiran Tapi tidakkah Tuhan jua yang menciptakan ketidakpastian? Tidakkah Tuhan jua yang memaksa kita mengundi? Tidakkah Adam turun ke dunia karena ia main judi? Buah khuldi: jauhi atau makan Ia putuskan yang nomor dua Lantas ia turun ke bumi, melahirkan kita-kita ini Keturunan seorang penjudi Lalu jikalau memang iya tak ada yang kaya karena judi Maka tanyakan pada pemilik motor Tiger itu Yang ia menangkan ketika jadi bandar empat tahun lalu Sekarang motornya sirna, rusak hancur dalam suatu petaka Ia kembali naik angkot seperti nasibnya sebelum pesta sepakbola Para tetua bilang, "Lihat, hasil judi, dari tanah akan kembali ke tanah" Tapi si pemuda mesem-mesem dalam hati Ada keyakinan yang ia pendam dalam-dalam Bahwa setidaknya dalam suatu percik hidupnya Ia pernah naik motor Tiger Pernah merasakan gelegak k...